UH BISNIS ONLINE - MOBILE MARKETING (PAKET.1)
Kerjakan Soal Pilihan Ganda ini dengan memilih pada opsi yg paling benar. Kerjakan dengan jujur dan bertanggungjawab.
1. Apa yang dimaksud dengan Mobile Marketing ?
A. Adalah salah satu cara untuk memasarkan produk secara online dan merupakan cara baru untuk dapat memperluas cakupan target konsumenB. Merupakan identifikasi,pengumpulan,analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaranC. Adalah pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabelD. Adalah sebuah media online,dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,berbagi dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial,wiki,forum dan dunia virtualE. Adalah Infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dengan rekanan bisnisnya
2. Aplikasi akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser adalah pengertian dari...
A. Mobile Marketing
B. Game Mobile Marketing
C. Mobile Web
D. Mobile Theme
E. Mobile Widget
3. Perangkat yang bergerak misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses jasa jaringan merupakan pengertian dari....
A. Jaringan Internet
B. Jaringan Intranet
C. Wikipedia
D. Mobile
E. Media sosial
4. Bagian konfigurasi dari cara membuat WordPress menggunakan mobile pack adalah...
A. Mobile switcher
B. Mobile widget
C. Mobile theme
D. Mobile website
E. Wordpress
5. Berikut ini salah satu jenis saluran pemasaran mobile yang berupa sekelompok garis paralel namun memilki 2-dimensi. Cara penggunaannya melalui alat pindai / scanner oleh kamera ponsel, maka pengguna ponsel tersebut kemudian akan diarahkan ke URL target, yaitu ...
A. Bluetooth dan Infrared
B. Mobile Web Marketing
C. M-Commerce
D. Aplikasi Mobile
E. QR-Codes
6. Yang tidak termasuk kedalam saluran baru untuk pemasaran mobile adalah...
A. Multimedia Message Service
B. Game Mobile
C. Multi Media Card (MMC)
D. Mobile Web Marketing
E. QR Code
7. Strategi mobile marketing ini menganggap bahwa setiap konsumen itu unik. Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Untuk bisnis e-commerce, maka strategi marketing ini sangat tepat. Toko online dengan sistem e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang disediakan bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing user dari mulai perbedaan lokasi, hobi, minat, umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini, pastinya konsumen akan lebih tertarget. Strategi ini disebut ...
A. Content Marketing
B. User Friendly
C. Visual Marketing
D. Integrated Digital Marketing
E. Personalized Marketing
8. Berikut ini salah satu jenis saluran pemasaran mobile yang berupa alat digital dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone, yaitu ...
A. Bluetooth dan Infrared
B. Mobile Web Marketing
C. M-Commerce
D. Aplikasi Mobile
E. QR-Codes
9. Anda pernah menelepon seseorang, lalu terdengar nada sambung berupa suara musik diiringi pesan "untuk mendapatkan nada dering ini, silahkan ketik #5050 lalu tekan OK pada HP Anda". Pendekatan ini adalah panggilan otomatis untuk mempromosikan barang atau jasa mereka. Terserah pelanggan untuk memutuskan apakah hendak membeli nada dering tersebut atau tidak. Hal ini termasuk dalam jenis pemasaran mobile marketing yang berupa....
A. Quick-response barcode (kode QR)
B. Proximity atau Bluetooth marketing
C. Voice marketing
D. Pemasaran aplikasi seluler
E. Iklan dalam game
10. Berikut ini salah satu jenis saluran pemasaran mobile yang dibuat secara khusus melalui perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet, sehingga smartphone dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melelui internet sekaligus juga melakukan pembayaran melalui smartphone dan tablet. Saluran ini disebut ...
A. Bluetooth dan Infrared
B. Mobile Web Marketing
C. M-Commerce
D. Aplikasi Mobile
E. QR-Codes
11. Integrated Digital Marketing adalah salah satu strategi pemasaran online dimana semua komponen sumber daya digital digunakan secara maksimal. Diantaranya adalah sistem pembayaran online (payment) yang kini sangat mudah sekali bisa kita lakukan, yaitu menggunakan ....
A. Automatic Teller Machine
B. Transfer antar Bank melalui Teller
C. Mobile Banking
D. Pembayaran Online melalui Alfa Mart atau Outlet Perbankan lainnya
E. Mesin EDC (Electronik Data Capture)
12. Sebuah upaya atau kreatifitas untuk menciptakan konten yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, atau konten yang dipasarkan seingga akan mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian, hal ini disebut ...
A. Content Marketing
B. User Friendly
C. Visual Marketing
D. Integrated Digital Marketing
E. Personalized Marketing
13. Berikut ini beberapa tips menerapkan mobile marketing yang baik dan efektif, kecuali ....
A. Mempertimbangkan keinginan dan karakteristik audiens kita
B. Membuat tolok ukur keberhasilan campaign
C. Memusatkan perhatian pemasaran mobile pada selera dan kenyamanan kita
D. Membuat campaign dengan singkat, padat dan jelas
E. Optimalisasi iklan berdasarkan lokasi
14. Membuat blog atau website, melakukan kampanye brand atau iklan, menggunakan media sosial, membuat akun marketplace untuk penjualan dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen, dimana semua jalur pemasaran online tersebut terhubung dalam satu tombol CTA (Call to Action) menuju nomorWhatsapp Anda. Strategi ini disebut ....
A. Content Marketing
B. User Friendly
C. Visual Marketing
D. Integrated Digital Marketing
E. Personalized Marketing
A. Location Based Marketing
B. Quick Response Code
C. Mobile Search Ads / Mobile Image Ads
D. Integrated Digital Marketing
E. In Game Mobile Marketing
16. Smartphone memang flexible untuk di bawa kemana-mana, anda bisa bekerja dimana pun dan kapan pun selama tersedia jaringan internet. Namun di beberapa daerah tertentu sinyal lemah, hal ini akan mempengaruhi kinerja mobile marketing dalam hal ....
A. Konsumsi Daya (Baterai)
B. Konektivitas
C. Daya Tahan terhadap benturan
D. Kecepatan pemrosesan dan penyimpanan data
E. Mempengaruhi dimensi / ukuran alat
17. Perhatikan pernyataan dibawah ini :
-SMS
-Aplikasi Mobile
-Mobile Usage in store
Pernyataan diatas termasuk....
A. Pengelolaan pemasaran melalui mobile
B. Strategi pemasaran melalui mobile
C. Riset pasar melalui mobile
D. Perencanaan pemasaran melalui mobile
E. Analis Pasar melalui mobile
18. Apabila video campaign yang dibuat memang memiliki durasi yang cukup panjang (lebih dari 5 detik), usahakan agar 5 detik pertama video tersebut dikemas dengan menarik. Intro atau bagian awal yang video akan membuat pengguna smartphone penasaran dan ingin menonton iklan Anda hingga habis.
Hal ini menjadi salah satu tips terbaik dalam mobile marketing yaitu ...
A. Bereksperimen dengan berbagai strategi marketing
B. Membuat tolok ukur keberhasilan sebuah campaign
C. Riset pasar melalui mobile
D. Buat campaign yang singkat, padat dan jelas
E. Mempertimbangkan perilaku dan behavior target audiens kita
19. Agar iklan dan campaign kita bisa muncul di layar pengguna, pasti kita harus mengetahui data mereka, terutama kontak yang dimiliki. Inilah konsekuensinya, yaitu data pribadi calon pelanggan seperti nomor handphone atau email bisa saja bocor demi keperluan pemasaran kita. Belum lagi, lokasi mereka juga bisa diketahui agar kampanye pemasaran yang muncul sesuai dengan kebutuhan mereka di tempat itu. Untuk mengatasi salah satu kelemahan mobile marketing ini solusinya yaitu ...
A. Pembuatan campaign harus dilakukan sedetail mungkin agar mendapatkan hasil yang sempurna
B. Kita membutuhkan teknologi yang canggih dan kemahiran (skill) yang besar
C. Berusaha menjaga informasi sensitif tersebut agar tidak terjadi pencurian identitas
D. Pengguna smartphone juga memiliki attention span yang singkat, jadi iklan yang dibuat harus meaningful dan pesannya tersampaikan
E. Mempertimbangkan perilaku dan behavior target audiens kita
20. Pemasaran seluler harus memperhatikan format iklannya, mulai dari ukuran hingga isinya. Iklan yang dipasang harus sesuai dengan ukuran versi mobile-nya, sehingga tidak terlalu besar atau terlalu kecil saat dilihat. Berikut ini beberapa ratio format ukuran iklan yang benar untuk mobile advertiser, kecuali ...
A. 16:9 Landscape untuk Youtube Channel
B. 9:16 Full Vertical untuk Reels, Tiktok & IGTV
C. 4:5 untuk posting di Facebook
D. 3:1 Panoramic untuk sampul halaman facebook
E. 1:1 untuk posting feed Instagram






Soalnya sangat berkualitas dan sesuai kompetensi kami
BalasHapusSoalnya lumayan memberi ilmu tambahan mengenai perangkat mobile.
BalasHapusWalau banyak yang Saya kurang ketahui jawabannya. Apalagi soal nomor 20 untuk pilihan c,d, dan e bisa berubah sesuai update dari aplikasi tersebut.
Soalnya ad
BalasHapusSoalnya berkualitas dan sangat bagus untuk di ujiankan karena bobot dari soal-soal tersebut sangat bagus dan sesuai dengan kompetensi kami
BalasHapusSoalnya berkualitas dan sangat bagus
BalasHapusSoalnya berkualitas
BalasHapussaya lebih suka soal pg, karena bisa di pikirkan dengan feeling
BalasHapusMantap soalnya
BalasHapusSoalnya bagus dan sangat berkualitas 👍
BalasHapuskeren abis pak
BalasHapuskeren pak soalnya
BalasHapusSoalnya sesuai dengan kompetensi kami
BalasHapusSoal nya sangat berkualitas pak
BalasHapusSoalnya berkualitas
BalasHapussiapp pak keren soalnya
BalasHapusHigh quality question👍😭
BalasHapusslebewww
BalasHapusTerimakasih pak telah mengajar kami mengenai mobile marketing dan telah membuat soal yang semakin mengasah kemampuan pemahaman akan pembelajaran yang diberikan.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKeren soalnya pak
BalasHapusKeren pak
BalasHapusSoalnya sesuai dngan kompetensi kami
BalasHapusSemoga ilmunya bisa bermanfaat di kemudian hari.
BalasHapus