UH BISNIS ONLINE - MOBILE
MARKETING (PAKET.3)
Kerjakan Soal Pilihan Ganda ini dengan memilih pada opsi yg paling
benar. Kerjakan dengan jujur dan bertanggungjawab.
1. Apa yang dimaksud dengan Mobile Marketing ?
A. Adalah salah satu cara untuk memasarkan
produk secara online dan merupakan cara baru untuk dapat memperluas cakupan
target konsumen
B. Merupakan identifikasi, pengumpulan,
analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan
tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan
identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran
C. Adalah
pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan
terlibat dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat
mobile atau jaringan nirkabel
D. Adalah sebuah media online,dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,berbagi dan menciptakan isi
meliputi blog,jejaring sosial,wiki,forum dan dunia virtual
E. Adalah Infrastruktur jaringan yang
menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dengan rekanan bisnisnya
2. Pemasaran seluler harus memperhatikan format
iklannya, mulai dari ukuran hingga isinya. Iklan yang dipasang harus sesuai
dengan ukuran versi mobile-nya, sehingga tidak terlalu besar atau terlalu kecil
saat dilihat. Berikut ini beberapa ratio format ukuran iklan yang benar untuk
mobile advertiser, kecuali ...
A. 16:9 Landscape untuk Youtube
Channel
B. 9:16 Full Vertical untuk Reels, Tiktok & IGTV
C. 4:5 untuk posting di Facebook
D. 3:1 Panoramic untuk sampul
halaman facebook
E. 1:1 untuk posting feed Instagram
3. Berikut ini salah satu jenis yang bukan perangkat
mobile, yaitu ...
A. Notebook / Netbook
B. Smartwatch
C. GPS
D. Automatic
Teller Machine
E. Kacamata Google
4. Beberapa layanan framework untuk membangun mobile application berikut
ini, kecuali …
A. Jquery mobile
B. Cordova
C. Sencha touch
D. Famo.us
E. Canva
5. Berikut ini salah satu jenis saluran
pemasaran mobile yang berupa sekelompok garis paralel namun memilki 2-dimensi.
Cara penggunaannya melalui alat pindai / scanner oleh kamera ponsel, maka
pengguna ponsel tersebut kemudian akan diarahkan ke URL target, yaitu ...
A. Bluetooth dan Infrared
B. Mobile Web Marketing
C. M-Commerce
D. Aplikasi Mobile
E. QR-Codes
6. Iklan ini muncul saat pengguna melakukan pencarian
di search engine seperti Google. Dalam mobile marketing, strategi pemasaran ini
juga memanfaatkan ekstensi add-ons, seperti click-to-call atau peta yang
mengarah ke bisnis kita. Jenis pemasaran mobile seperti ini disebut ...
A. Location Based Marketing
B. Quick Response Code
C. Mobile Search Ads / Mobile
Image Ads
D. Integrated Digital Marketing
E. In Game Mobile Marketing
7. Strategi mobile marketing ini menganggap
bahwa setiap konsumen itu unik. Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan
secara berbeda. Untuk bisnis e-commerce, maka strategi marketing ini sangat
tepat. Toko online dengan sistem e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang
disediakan bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing user dari mulai
perbedaan lokasi, hobi, minat, umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini,
pastinya konsumen akan lebih tertarget. Strategi ini disebut ...
A. Content Marketing
B. User Friendly
C. Visual Marketing
D. Integrated Digital Marketing
E.
Personalized Marketing
8. Berikut ini salah satu jenis perangkat mobile
yang berupa alat digital untuk menunjukkan koordinat lokasi di permukaan bumi,
yang dilengkapi dengan penunjuk arah dan panduan perjalanan. Alat yang dimaksud
yaitu ...
A. Google Glass
B. GPS
C. M-Banking
D. Aplikasi Mobile
E. QR-Codes
9. Kesalahan
paling umum yang dilakukan oleh pemilik usaha adalah menghubungkan QR code pada
laman yang tidak mobile-friendly. Padahal konsumen biasanya melakukan
pemindaian QR code dengan menggunakan ponsel. Berikut ini penempatan
yang Strategis Dalam Penggunaan QR Code Untuk Marketing Atau Pemasaran yaitu
A. Tempatkan
QR code di mana saja yang mungkin dilewati atau bisa dilihat oleh
target konsumen Anda
B. Tampilkan
QR code di halte bus, stasiun
C. Tampilkan
QR code di screen lock handphone anda
D. Tampilkan QR code di website
E. Tampilkan QR code di kemasan, poster, brosur, maskot bahkan kartu
nama
10. Berikut ini salah satu jenis saluran pemasaran
mobile yang dibuat secara khusus melalui perangkat bergerak seperti smartphone
atau tablet, sehingga smartphone dapat melakukan transaksi pembelian dan
penjualan barang dan jasa melelui internet sekaligus juga melakukan pembayaran
melalui smartphone dan tablet. Saluran ini disebut ...
A.
Bluetooth dan Infrared
B. Mobile
Web Marketing
C. M-Commerce
D. Aplikasi
Mobile
E. QR-Codes
11. Integrated Digital Marketing adalah salah
satu strategi pemasaran online dimana semua komponen sumber daya digital
digunakan secara maksimal. Diantaranya adalah sistem pembayaran online
(payment) yang kini sangat mudah sekali bisa kita lakukan, yaitu menggunakan
....
A. Automatic Teller Machine
B. Transfer antar Bank melalui Teller
C. Mobile Banking
D. Pembayaran Online melalui Alfa Mart atau
Outlet Perbankan lainnya
E. Mesin EDC (Electronik Data Capture)
12. Sangat penting bagi pemasar untuk menyadari
bahwa meskipun banyak platform messaging, namun layanan ini masih mumpuni untuk
menjadi taktik pemasaran langsung yg sangat berguna di masa sekarang. Namun
sebaiknya layanan ini digunakan untuk promosi dan transaksi bernilai tinggi.
Hal ini telah dibuktikan melalui lembaga riset informa betapa tingginya
pengguna layanan ini, hingga miliaran pesan per hari. Layanan apakah yang
dimaksud ?
A. Email marketing
B. Mobile Aplication
C. Social Media Marketing
D. Short
Message Service
E. Marketplace
13. Dari
sekian banyak pelaku bisnis di social media sering kita temui berbagai konten
marketing yang menggunakan tehnik photography maupun editing video yang professional
supaya menghasilkan konten promosi yang menarik dan lebih impressive untuk
dilihat oleh calon konsumen. Hal ini selaras dengan strategi mobile marketing
yaitu….
A. Memanfaatkan content marketing
B. Memperkuat
visual marketing
C. Beralih ke Mobile Marketing Pemasaran
Online
D. Melakukan pendekatan kepada calon konsumen
E. Optimalisasi Integrated Digital Marketing
14. Membuat blog atau website, melakukan kampanye
brand atau iklan, menggunakan media sosial, membuat akun marketplace untuk
penjualan dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen, dimana semua
jalur pemasaran online tersebut terhubung dalam satu tombol CTA (Call to
Action) menuju nomorWhatsapp Anda. Strategi ini disebut ....
A. Content
Marketing
B. User
Friendly
C. Visual
Marketing
D. Integrated Digital Marketing
E.
Personalized Marketing
15. Perilaku atau behavior target audiens kita adalah Analisa terhadap calon konsumen kita
mengenai bagaimana mereka memilih dan menggunakan produk atau layanan. Ini
adalah sebuah riset yang berkaitan dengan psikologi, motivasi, dan perilaku.
Hal ini selaras dengan salah satu tips mobile marketing terbaik supaya bisa membawa keberhasilan, yaitu …
A. Optimasikan
Iklan berdasarkan Lokasi
B.
Pertimbangkan Audiens Kita
C. Bereksperimen
dengan Berbagai Strategi
D. Buat
Tolak Ukur Keberhasilan Campaign
E. Campaign
yang Singkat, Jelas, Padat
16. Wordpress
merupakan salahsatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat website atau
blog. Ada beberapa fitur yg dapat digunakan untuk menyajikan blog wordpress
kita kedalam versi mobile diantaranya sebagai berikut, kecuali …
A. Mobile press
B. Wordpad
C. Carrington mobile
D. WP Touch
E. Plugin
17. Beberapa
strategi pemasaran pada perangkat mobile diantaranya sebagai berikut kecuali ….
A. Strategi pemasaran menggunakan barcode marketing
B. Strategi pemasaran menggunakan social media
marketing
C. Strategi pemasaran menggunakan SMS
D. Strategi
pemasaran menggunakan operating system
E. Strategi pemasaran menggunakan mobile aplication
18. Apabila video campaign yang
dibuat memang memiliki durasi yang cukup panjang (lebih dari 5 detik), usahakan
agar 5 detik pertama video tersebut dikemas dengan menarik. Intro atau bagian
awal yang video akan membuat pengguna smartphone penasaran dan ingin menonton
iklan Anda hingga habis.
Hal ini menjadi salah satu tips terbaik dalam
mobile marketing yaitu ...
A. Bereksperimen dengan berbagai strategi marketing
B. Membuat tolok ukur keberhasilan sebuah campaign
C. Riset pasar melalui mobile
D. Buat campaign yang singkat, padat dan jelas
E. Mempertimbangkan perilaku dan behavior target audiens kita
19. Agar iklan dan campaign kita bisa muncul di
layar pengguna, pasti kita harus mengetahui data mereka, terutama kontak yang
dimiliki. Inilah konsekuensinya, yaitu data pribadi calon pelanggan seperti nomor
handphone atau email bisa saja bocor demi keperluan pemasaran kita. Belum lagi,
lokasi mereka juga bisa diketahui agar kampanye pemasaran yang muncul sesuai
dengan kebutuhan mereka di tempat itu. Untuk mengatasi salah satu kelemahan
mobile marketing ini solusinya yaitu ...
A. Pembuatan campaign harus dilakukan sedetail mungkin agar mendapatkan hasil
yang sempurna
B. Kita membutuhkan teknologi yang canggih dan kemahiran (skill) yang besar
C. Berusaha menjaga informasi sensitif tersebut
agar tidak terjadi pencurian identitas
D. Pengguna smartphone juga memiliki attention span yang singkat, jadi iklan
yang dibuat harus meaningful dan pesannya tersampaikan
E. Mempertimbangkan perilaku dan behavior target audiens kita
20. Berikut ini beberapa kekurangan
pada mobile marketing, kecuali ...
A. Pemasaran seluler ini juga dinilai boros
karena mengeluarkan kuota internet yang besar
B. Pembuatan campaign harus dilakukan sedetail
mungkin agar mendapatkan hasil yang sempurna
C. Menjangkau audiens dan calon pelanggan
potensial secara real-time, terlepas dari jauhnya lokasi mereka
D. Kita harus mengetahui data mereka agar kampanye pemasaran yang
muncul sesuai dengan kebutuhan mereka di tempat itu
E. Pengguna smartphone juga memiliki attention
span yang singkat






tingkat kesulitannya 7, lumayan bisa mengisi
BalasHapusSaya menilai bahwa soal ini bisa di jawab asalkan belajar dan mendengarkan bapak guru ketika menjelaskan. kesusahan nya pas
BalasHapusWah Soal nya bagus Pak soalnya lumayan sulit kalo saya nilai 8/10 Pak Makasih Pak semoga tuntas
BalasHapusBagus banget pak soalnya, saya sangat senang mengerjakan soal seperti ini
BalasHapusSoalnya menguji literasj dan penalaran kami pak
BalasHapus