Adsense

<script async='async' crossorigin='anonymous' src='https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-1244610636145975'/>

UH BISNIS ONLINE - MOBILE MARKETING (PAKET.3)

 

 UH BISNIS ONLINE - MOBILE MARKETING (PAKET.3)

Kerjakan Soal Pilihan Ganda ini dengan memilih pada opsi yg paling benar. Kerjakan dengan jujur dan bertanggungjawab.




1. Apa yang dimaksud dengan Mobile Marketing ?

A. Adalah salah satu cara untuk memasarkan produk secara online dan merupakan cara baru untuk dapat memperluas cakupan target konsumen

 

B. Merupakan identifikasi, pengumpulan, analisis dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran

 

C. Adalah pemasaran yang memungkinkan organisasi atau pebisnis untuk berkomunikasi dan terlibat dengan konsumen mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan nirkabel

 

D. Adalah sebuah media online,dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi,berbagi dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial,wiki,forum dan dunia virtual

 

E. Adalah Infrastruktur jaringan yang menghubungkan perusahaan dengan para pemasok dengan rekanan bisnisnya


 

2. Pemasaran seluler harus memperhatikan format iklannya, mulai dari ukuran hingga isinya. Iklan yang dipasang harus sesuai dengan ukuran versi mobile-nya, sehingga tidak terlalu besar atau terlalu kecil saat dilihat. Berikut ini beberapa ratio format ukuran iklan yang benar untuk mobile advertiser, kecuali ...
A. 16:9 Landscape untuk Youtube Channel

B. 9:16 Full Vertical untuk Reels, Tiktok & IGTV

C. 4:5 untuk posting di Facebook

D. 3:1 Panoramic untuk sampul halaman facebook

E. 1:1 untuk posting feed Instagram

 


3. Berikut ini salah satu jenis yang bukan perangkat mobile, yaitu ...

A. Notebook / Netbook

B. Smartwatch

C. GPS

D. Automatic Teller Machine

E. Kacamata Google

 


 4. Beberapa layanan framework untuk membangun mobile application berikut ini, kecuali …

A. Jquery mobile

B. Cordova

C. Sencha touch

D. Famo.us

E. Canva


 

5.  Berikut ini salah satu jenis saluran pemasaran mobile yang berupa sekelompok garis paralel namun memilki 2-dimensi. Cara penggunaannya melalui alat pindai / scanner oleh kamera ponsel, maka pengguna ponsel tersebut kemudian akan diarahkan ke URL target, yaitu ...

A. Bluetooth dan Infrared

B. Mobile Web Marketing

C. M-Commerce

D. Aplikasi Mobile

E. QR-Codes


 

6. Iklan ini muncul saat pengguna melakukan pencarian di search engine seperti Google. Dalam mobile marketing, strategi pemasaran ini juga memanfaatkan ekstensi add-ons, seperti click-to-call atau peta yang mengarah ke bisnis kita. Jenis pemasaran mobile seperti ini disebut ...

A. Location Based Marketing

B. Quick Response Code

C. Mobile Search Ads / Mobile Image Ads

D. Integrated Digital Marketing

E. In Game Mobile Marketing


 

7.  Strategi mobile marketing ini menganggap bahwa setiap konsumen itu unik. Oleh sebab itu, setiap konsumen diperlakukan secara berbeda. Untuk bisnis e-commerce, maka strategi marketing ini sangat tepat. Toko online dengan sistem e-commerce bisa menampilkan produk-produk yang disediakan bisa berbeda-beda tergantung dari masing-masing user dari mulai perbedaan lokasi, hobi, minat, umur, gender dan lain-lain. Dengan cara ini, pastinya konsumen akan lebih tertarget. Strategi ini disebut ... 

A. Content Marketing

B. User Friendly

C. Visual Marketing

D. Integrated Digital Marketing

E. Personalized Marketing


 

8. Berikut ini salah satu jenis perangkat mobile yang berupa alat digital untuk menunjukkan koordinat lokasi di permukaan bumi, yang dilengkapi dengan penunjuk arah dan panduan perjalanan. Alat yang dimaksud yaitu ...

A. Google Glass

B. GPS

C. M-Banking

D. Aplikasi Mobile

E. QR-Codes


 

9. Kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pemilik usaha adalah menghubungkan QR code pada laman yang tidak mobile-friendly. Padahal konsumen biasanya melakukan pemindaian QR code dengan menggunakan ponsel. Berikut ini penempatan yang Strategis Dalam Penggunaan QR Code Untuk Marketing Atau Pemasaran yaitu

 

A. Tempatkan QR code di mana saja yang mungkin dilewati atau bisa dilihat oleh target konsumen Anda

B. Tampilkan QR code di halte bus, stasiun

C. Tampilkan QR code di screen lock handphone anda

D. Tampilkan QR code di website

E. Tampilkan QR code di kemasan, poster, brosur, maskot bahkan kartu nama


 

10. Berikut ini salah satu jenis saluran pemasaran mobile yang dibuat secara khusus melalui perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet, sehingga smartphone dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dan jasa melelui internet sekaligus juga melakukan pembayaran melalui smartphone dan tablet. Saluran ini disebut ... 

A. Bluetooth dan Infrared

B. Mobile Web Marketing

C. M-Commerce

D. Aplikasi Mobile

E. QR-Codes

 


11. Integrated Digital Marketing adalah salah satu strategi pemasaran online dimana semua komponen sumber daya digital digunakan secara maksimal. Diantaranya adalah sistem pembayaran online (payment) yang kini sangat mudah sekali bisa kita lakukan, yaitu menggunakan ....

A. Automatic Teller Machine

B. Transfer antar Bank melalui Teller

C. Mobile Banking

D. Pembayaran Online melalui Alfa Mart atau Outlet Perbankan lainnya

E. Mesin EDC (Electronik Data Capture)


 

12. Sangat penting bagi pemasar untuk menyadari bahwa meskipun banyak platform messaging, namun layanan ini masih mumpuni untuk menjadi taktik pemasaran langsung yg sangat berguna di masa sekarang. Namun sebaiknya layanan ini digunakan untuk promosi dan transaksi bernilai tinggi. Hal ini telah dibuktikan melalui lembaga riset informa betapa tingginya pengguna layanan ini, hingga miliaran pesan per hari. Layanan apakah yang dimaksud ?

A. Email marketing

B. Mobile Aplication

C. Social Media Marketing

D. Short Message Service

E. Marketplace


 

13. Dari sekian banyak pelaku bisnis di social media sering kita temui berbagai konten marketing yang menggunakan tehnik photography maupun editing video yang professional supaya menghasilkan konten promosi yang menarik dan lebih impressive untuk dilihat oleh calon konsumen. Hal ini selaras dengan strategi mobile marketing yaitu….

A. Memanfaatkan content marketing

B. Memperkuat visual marketing

C. Beralih ke Mobile Marketing Pemasaran Online

D. Melakukan pendekatan kepada calon konsumen

E. Optimalisasi Integrated Digital Marketing


 

14. Membuat blog atau website, melakukan kampanye brand atau iklan, menggunakan media sosial, membuat akun marketplace untuk penjualan dan yang lainnya untuk menjangkau lebih banyak konsumen, dimana semua jalur pemasaran online tersebut terhubung dalam satu tombol CTA (Call to Action) menuju nomorWhatsapp Anda. Strategi ini disebut .... 

A. Content Marketing

B. User Friendly

C. Visual Marketing

D. Integrated Digital Marketing

E. Personalized Marketing


 

15. Perilaku atau behavior target audiens kita adalah Analisa terhadap calon konsumen kita mengenai bagaimana mereka memilih dan menggunakan produk atau layanan. Ini adalah sebuah riset yang berkaitan dengan psikologi, motivasi, dan perilaku. Hal ini selaras dengan salah satu tips mobile marketing terbaik supaya bisa membawa keberhasilan, yaitu …

 

A. Optimasikan Iklan berdasarkan Lokasi

B. Pertimbangkan Audiens Kita

C. Bereksperimen dengan Berbagai Strategi

D. Buat Tolak Ukur Keberhasilan Campaign

E. Campaign yang Singkat, Jelas, Padat

 


 

16. Wordpress merupakan salahsatu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat website atau blog. Ada beberapa fitur yg dapat digunakan untuk menyajikan blog wordpress kita kedalam versi mobile diantaranya sebagai berikut, kecuali …

A. Mobile press

B. Wordpad

C. Carrington mobile

D. WP Touch

E. Plugin


 

17. Beberapa strategi pemasaran pada perangkat mobile diantaranya sebagai berikut kecuali ….

A. Strategi pemasaran menggunakan barcode marketing

B. Strategi pemasaran menggunakan social media marketing

C. Strategi pemasaran menggunakan SMS

D. Strategi pemasaran menggunakan operating system

E. Strategi pemasaran menggunakan mobile aplication


 

18. Apabila video campaign yang dibuat memang memiliki durasi yang cukup panjang (lebih dari 5 detik), usahakan agar 5 detik pertama video tersebut dikemas dengan menarik. Intro atau bagian awal yang video akan membuat pengguna smartphone penasaran dan ingin menonton iklan Anda hingga habis.


Hal ini menjadi salah satu tips terbaik dalam mobile marketing yaitu ...

A. Bereksperimen dengan berbagai strategi marketing

B. Membuat tolok ukur keberhasilan sebuah campaign

C. Riset pasar melalui mobile

D. Buat campaign yang singkat, padat dan jelas

E. Mempertimbangkan perilaku dan behavior target audiens kita

 




19. Agar iklan dan campaign kita bisa muncul di layar pengguna, pasti kita harus mengetahui data mereka, terutama kontak yang dimiliki. Inilah konsekuensinya, yaitu data pribadi calon pelanggan seperti nomor handphone atau email bisa saja bocor demi keperluan pemasaran kita. Belum lagi, lokasi mereka juga bisa diketahui agar kampanye pemasaran yang muncul sesuai dengan kebutuhan mereka di tempat itu. Untuk mengatasi salah satu kelemahan mobile marketing ini solusinya yaitu ...

A. Pembuatan campaign harus dilakukan sedetail mungkin agar mendapatkan hasil yang sempurna

B. Kita membutuhkan teknologi yang canggih dan kemahiran (skill) yang besar

C. Berusaha menjaga informasi sensitif tersebut agar tidak terjadi pencurian identitas

D. Pengguna smartphone juga memiliki attention span yang singkat, jadi iklan yang dibuat harus meaningful dan pesannya tersampaikan

E. Mempertimbangkan perilaku dan behavior target audiens kita

 



20. Berikut ini beberapa kekurangan pada mobile marketing, kecuali ...

A. Pemasaran seluler ini juga dinilai boros karena mengeluarkan kuota internet yang besar

B. Pembuatan campaign harus dilakukan sedetail mungkin agar mendapatkan hasil yang sempurna

C. Menjangkau audiens dan calon pelanggan potensial secara real-time, terlepas dari jauhnya lokasi mereka

D. Kita harus mengetahui data mereka agar kampanye pemasaran yang muncul sesuai dengan kebutuhan mereka di tempat itu

E. Pengguna smartphone juga memiliki attention span yang singkat

 


 

 

5 komentar:

  1. tingkat kesulitannya 7, lumayan bisa mengisi

    BalasHapus
  2. Saya menilai bahwa soal ini bisa di jawab asalkan belajar dan mendengarkan bapak guru ketika menjelaskan. kesusahan nya pas

    BalasHapus
  3. Wah Soal nya bagus Pak soalnya lumayan sulit kalo saya nilai 8/10 Pak Makasih Pak semoga tuntas

    BalasHapus
  4. Bagus banget pak soalnya, saya sangat senang mengerjakan soal seperti ini

    BalasHapus
  5. Soalnya menguji literasj dan penalaran kami pak

    BalasHapus

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024, Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di SMK YAPENKOS Belinyu 2024 Bertema Nusantara Baru Indonesia Maju Tanggal 17 Agustus sela...